Sunday, July 12, 2009

Cerita Belum Selesai :P

Tram 19
Jumat 22 May 2009

Sop: “Ima gw punya temen…minta cariin cowo…kayaknya kesepian banget anaknya..
Katanya ‘ajak-ajak gw dong..kenalin dong kalau lo punya kenalan cowo’..tapi gimana
yah..dia minta tolong ma gw…lah gw aja gaada cowo…”

Ima: “he… belom aja kali…yang mana si anaknya?”

Sop: “yah anaknya emang gak menarik si…gak ada modis-modisnya nya gitu…kalau lo
liat..”

Ima: “ah, penampilan kan ujung2nya gapenting, hm.emang, ulangtaun nya kapan?
Kasi kado baju aja...”

Sop: “yah mana gw tau kapan…orang gw ga begitu deket .mnrt lo gimana?

****

Waktu saya kecil,
Ada masanya dimana ‘celana ketat’ menjadi sebuah trend.
Celana berbahan katun, hingga menutupi dengkul.
Hampir semua teman perempuan sebaya punya celana ketat.
Ada yang warna pink, ungu, coklat, kuning dsb.
Punya saya warna hijau muda dan biru polkadot.

Saya paling suka yang warna hijau muda.
Modelnya keren!
Keren sekali..
Untuk main ‘karet’, ‘tak jongkok’, ‘petak umpet’, atau ‘tak garis’ di sore hari.
Hahaha

Semua orang bilang: ‘celananya bagus’

Meski yang hijau lebih bagus,
saya lebih sering pakai yang biru polkadot.
Terlalu sering dipakai,
Celana biru polkadot saya pun tampak usang.
Tapi saya pakai terus
Semua orang bilang: “celana butut kok masih dipakai!”
Ibu saya benci sekali dengan celana butut itu.
“malu katanya”
“jelek”

Tapi saya pakai terus,
Celana itu selalu menemani saya sejak saya bermain karet hingga saya bermain ‘roller blade’ beberapa tahun kemudian.
Berlabel ‘celana sedengkul’, celana itu terus saya pakai hingga Ia tak sanggup lagi menutupi dengkul saya.

Pada suatu hari,
Saya tidak melihatnya di lemari pakaian.
Saya cari di mesin cuci.
Tidak ada.
Saya cari di jemuran.
Juga tidak ada.
Saya terkejut,
Saat saya menemukannya di ember kotor.
Airnya keruh.
Saya angkat celana saya.
Saya bersihkan.
Saya cuci.
Lalu saya pakai lagi besoknya.

Ibu saya marah luar biasa.
“Kenapa dipakai lagi? Celana itu udah jelek!, sengaja Mama pakai buat ngepel biar Ima gak pakai celana itu terus”

Keras kepala, saya terus memakai celana itu.

Beberapa hari kemudian,
Saya kembali kehilangan celana itu.
Saya geledah semua ember.
Ember cucian.
Tidak ketemu.
Ember Pel
Juga tidak ada.
Saya benar-benar bingung,
Saya terus mencarinya

Tak berapa lama,
Saya melihatnya di sisi rak piring.
Tapi Ia tidak lagi berbentuk celana.
Sudah berupa potongan bahan.
Sudah berupa fungsi
Untuk lap tempat cucian :(

Saya sedih dekali.
Biar kata orang jelek,
Saya cinta sekali sama celana itu
Sepuluh tahun kemudian, saya masih mengingatnya,
Sebagai celana terbaik saya :)

2 comments:

  1. Anonymous11:50 PM

    hehehehe.... celana itu pasti nyaman, vink (2005) tersirat kalau comfort terdiri dari dua bagian besar, fisik dan psikologis... kheheheh mungkin kalau dalam kasus ini psikologis ya" khhehehehe.... senyaman itu mpe kepala batu ma omongan mama.. hebat.... celananya khehehe

    ReplyDelete
  2. yopin7:32 PM

    haha, gw suka.. nyokap gw juga punya kebiasaan yang sama, baju/celana anak2nya yang dia anggap udah jelek pasti langsung digunting dan dijadiin (lebih parah) kain pel!! padahal kaos2 buluk kan paling enak dipake tidur :)

    yopin

    ReplyDelete