Friday, January 15, 2010

j a t u h

14 Januari 2010,
Saatnya saya kembali bekerja di CBD,
Membagikan majalah :)

Pagi itu, saya telat meninggalkan rumah.
Saya bangun pagi,
Tapi saya membersihkan rumah hingga lupa waktu.

Saya tidak suka melihat yang kotor ataupun berantakan.
Housemate saya bilang : “elo clean freak!
Mungkin memang benar begitu adanya , he :p

Di perjalanan ,
Saya melihat beberapa motor berjejer di parkiran!


Ah bagus,
Saya selalu suka motor,
Buat saya naik motor lebih menyenangkan dari mobil :)

Lebih menyenangkan karena lebih hidup!
Motor tidak pernah memisahkan pengendara dan penumpangnya dari kehidupan di sekitarnya.
Sementara mobil dengan kaca-kacanya 'menutup' penumpang dari kehidupan sekitar.

Di Jakarta, mobil selalu sejuk dan nyaman.
Sementara udara di luar begitu panas, diikuti para pengemis yang memohon di balik kaca mobil.
Mobil dengan kesejukan.
Kenyamanan yang terpisah dari lingkungan sekitarnya

***

Di Melbourne, saya semakin senang melihat motor.
Motor disini bagus-bagus.
Penuh warna :)

Saya terpana sejenak.
Mengamati motor dan skuter.
Suka :)

Ah, lampu buat pejalan kaki telah berwarna hijau.
Saya harus segera menyeberang.
Para pejalan kaki pun mengenakan kacamata hitamnya.




Musim panas telah tiba.
Ah, saya belum punya kacamata hitam.
Tapi saya selalu punya topi :)

Saya pun sampai di perempatan,
Mengenakan rompi saya,
Dan mulai membagikan majalah.

Di sisi perempatan,
Saya melihat perbaikan jalan.
Sebuah papan bertuliskan “Pedestrians, watch your step” pun terpampang di sana.
Tanda peringatan agar para pengguna jalan tidak tersandung dan terjatuh.

Jatuh!
Beberapa kali saya terjatuh dalam hidup,
Jatuh, bangun, jatuh dan bangun lagi, dan jatuh lagi..he


Pagi itu,
Beberapa kali majalah saya pun terjatuh dari genggaman saya,
Mungkin karena saya kurang erat menggenggamnya.
Mungkin karena angin pagi itu lumayan besar.

Hingga majalah saya pun terbang dan terjatuh.
Terjatuh hingga 4 kali! :(

Pertama kali terjatuh,
Saya sedang mengamati seorang perempuan yang melintas.

Ia menerima majalah saya.
Saya bisa melihat tata riasnya dari dekat.
Aduh, Ia menyapu eye shadow berwarna merah mengkilat di kelopak matanya yang gelap.
Glittery di Pagi hari!
Aduh!

Bibir perempuan ini pun tersenyum dengan percaya diri.
Merah mengkilat.
Senada dengan kemeja satin merahnya.
Serta Sepatu hak tingginya.

Semuanya merah mengkilat.
Sepertinya saya butuh kacamata hitam kali ini :P

Dan angin pun berhembus.
Majalah saya terjatuh.
Seorang pria tua mengenakan jas abu-abu menunduk dan mengambilkan majalah saya.
Ia lantas melangkah mendekat.

Saya tersenyum: “Terima kasih banyak, ambil saja buat kamu yah”

Dia bilang: “loh, tadi kamu udah kasih saya satu? Kamu lupa ya?"

Saya termenung: “hmm..mungkin saja saya lupa”

Saya pun melanjutkan bekerja.
Sembari memperhatikan mereka yang melintas.

Saya suka pekerjaan ini.
Saya bisa mengamati cara berbusana para pejalan kaki.

Di Collins st, mayoritas pejalan kaki punya selera yang bagus dalam berpakaian.
Mungkin karena ini lokasi perkantoran.
Atau mungkin karena ini lokasi ‘mewah’.
Entahlah.

Tapi, di sepanjang Collins St,
Banyak toko-toko desainer ternama dunia,
Harganya ribuan dollar.

Tentu saja saya tidak mampu membelinya.
Tapi saya cukup senang berdiri membagikan majalah di Collins St setiap Kamis pagi,
Saya senang bisa melihat busana yang terpadu dengan perpaduan warna yang apik
Suka :)

Dan majalah saya pun terjatuh lagi,
Kali ini seorang wanita muda dalam balutan gaun abu-abu menunduk dan mengambil majalah saya,
Saya pernah melihat gaun ini di gerai PILGRIM atau CUE.
Entahlah, tapi gaun ini tampak bagus pada dirinya.

Ia pun tersenyum lalu pergi membawa majalah saya.
Yes! Majalah saya berkurang satu :)
Terima kasih :)

Tak berapa lama,
Seorang nenek melintas.
Entah Ia seorang nenek atau perempuan bule yang tampak lebih tua :p
Tapi Ia selalu tampak sehat , aktif, dan 'cuek'.

Setiap kamis pagi Ia melintas dan menolak pemberian majalah saya. He.

Pagi itu, saya melihatnya dalam balutan celana hitam dan kemeja bunga-bunga.
Kemeja bermotif bunga besar membuat tubuhnya tampak semakin besar :(

Tapi ada yang berbeda dari dirinya pagi itu.
Oh, Ia mengganti warna rambutnya, dari pirang menjadi hitam.
Rambut hitam membuat wajahnya lebih cerah :)
Saya suka :)

Dan majalah saya pun terjatuh lagi..

Tak disangka, Ia pun menunduk.
Saya menyiapkan tangan saya,
Saya tahu Ia tidak pernah menerima majalah saya. He.

Saya pun ikut menunduk ke dekatnya.
Ah, saya kenal aroma parfumnya, ini wangi nenek saya :)
Rupanya Ia mengenakan parfum yang sama dengan nenek saya.
Suka :)

Ia pun mengembalikan majalah saya.
Saya tersenyum: Terimakasih…… (nenek)…hehehe *gak lah saya gak bilang nenek…he*

Hingga waktu menunjukkan pukul 8.25,
Saya masih punya segelintir majalah,
Sebentar lagi saya selesai !

Saya tidak sabar ingin menyeberang ke Subway untuk membeli ‘seafood sensation’
Saya belum sempat sarapan.

Brak!
Sekali lagi, majalah saya jatuh.
Kali ini bukan satu.
Tapi dua sekaligus.

Seorang pria muda lantas membungkuk dan mengambil majalah saya.
Ia mengambil satu dan mengembalikan satu: “ini satu lagi saya kembalikan, buat yang lain”

Saya tidak sabar ingin menyelesaikan pekerjaan: “kalau mau ambil dua juga boleh kok”

Ia pun membalas dengan senyum: “Satu saja cukup…hmm…where do you get your hat?”

Saya terdiam…. *yah ini kan topinya si Korri..beli dimana yah tu anak..he*

Saya lantas menggeleng: “saya tidak tahu, ini topi teman saya…tapi bagus ya..”

Ia lantas tersenyum dan melangkah pergi.

Saya pun pergi membawa satu majalah terakhir.
Buat saya saja.
Saya mau pulang, saya lapar.He

Ketika hendak pergi saya kembali menatap papan bertuliskan : “Pedestrians, watch your step”

Papan peringatan agar pengguna jalan tidak terjatuh.

Jam 8.30 saya pun siap meninggalkan perempatan,
Senang rasanya bisa selesai lebih awal dari jam kerja yang seharusnya.

Semua itu tidak lepas dari bantuan mereka yang baik.
Mereka yang membungkuk ketika majalah saya terjatuh.
Sepertihalnya teman yang bersedia menolong setiap kali saya terjatuh.


Terima kasih :)


“pedestrians, watch your step!”

“people, watch your attitude!"

3 comments:

  1. dodoo4:01 PM

    ka imaaaaaa....adek sukaa notenya...jd pgn ke melb ke Collins St jg..ikut bagiin majalah hihihi.....seruuu ya ka kyanya...enaaak kerjaannya ^.^

    ReplyDelete
  2. you're a clean freak? that's new. my oh my kita pernah ya jatuh dari motor berdua. gue benjol, Ima puceeeeeet. tapi kali ini kejadian jatuhnya untung menyenangkan. ;)

    ReplyDelete
  3. @adek..hehe...nanti klo july-agustus kesini kaka ajak deh..klo adek bisa bangun pagi dan kuat dingin :P

    @nand bukan clean freak ke penampilan diri..he..tp ke kebersihan rumah he..tanya adek gw tuh..itu mah sejak kecil he..klo penampilan si tetep cuek :P

    ReplyDelete