Friday, January 29, 2010

'A r a b ? '

Minggu lalu,
Saya sedang menginap di rumah Korri.
Ketika sedang menonton TV.
Dumas lantas datang membawa pizza untuk makan malam.

Ketika sedang asyik menyantap pizza,
Dumas lantas bertanya: “Im..im..lo arabnya keturunan habaib ya im?

Saya menjawab: “hmm….iya …begitu deh”

Korri lantas bertanya: “keturunan habaib maksudnya apa sih? Emang beda sama arab-arab lainnya?”

Belum sempat saya menjawab, Dumas lantas berkata:
“Oh beda…arab itu ada golongan-golongannya Kor…kayak jawa...ada yang raden ada yang bukan raden…
nah arab itu ada yang habaib dan bukan habaib...Yang habaib itu..fanatik sama sesama golongannya... kalau lagi rame-rame ngumpul sesama arab..tiba-tiba tau yang duduk di sebelahnya bukan keturunan habaib bakal langsung pindah dia …gak mau dia duduk sama yang bukan habaib!”

Selesai dengan penjelasan singkatnya, Dumas lalu meminta persetujuan saya: “Iya kan Im?”

Saya menggeleng ragu: “gak tahu gue Dum..gue jarang kumpul sama arab..gue baru kenal banyak orang keturunan Arab juga di Melbourne…he”

Dumas lalu meneruskan ceritanya tentang ‘kesombongan’ Arab golongan tertentu.

Mendengar cerita Dumas, Korri pun memberi komentar nyinyir: “idiiiih..maless bangeet…”

Itu kali pertama saya merasa rupa arab saya dikaitkan dengan sesuatu yang kurang menyenangkan.

***
Sejak kecil saya tahu saya keturunan Arab,
Karena setiap saya berjalan, anak-anak lain akan memanggil : ”wooo ima arab...woo”
Hahaha.

Tapi Bapak saya tidak pernah memperkenalkan saya pada budaya Arab.
Saya pun lebih tahu tentang budaya Melayu, budaya Ibu saya :)

Di keluarga Bapak saya, budaya Arab sama sekali tidak terlihat.

Tidak terlihat dan sengaja tidak diperlihatkan :P
Meski saya memanggil nenek saya dengan sebutan “Jidah”,
Sementara Kakek, saya panggil dengan sapaan “Enjid”,

Setiap kali saya ke supermarket atau makan ke restaurant, Adik-adik bapak saya akan memarahi:
“ih ima jangan panggil jidah dong…panggil aja Oma!”

Saya pun bingung: “kenapa gak boleh panggil jidah? Kan jidah emang panggilannya jidah!”

Kata om dan tante saya: “Yee..kalau di rumah boleh panggil jidah..ini kita kan gak di lingkungan arab..jadi nanti ketauan arabnya, panggil aja Jidah - Oma…Enjid Panggil aja Opa!”

Hihihi

***
Rumah Nenek saya memang bukan di kampung Arab.
Mungkin hanya keluarga nenek saya lah satu-satunya keluarga Arab di situ.
Akibatnya, Nenek saya pun tidak lagi banyak bergaul dengan orang Arab.



Begitu pula dengan anak-anaknya.
Meski di masa remajanya, mereka mengaku sering ber- ane-ente dengan sesama Arab.

Tapi pindah lingkungan merubah ane menjadi gue
Ente menjadi elo.
Hingga Jidah pun menjadi Oma. He..

***

Waktu saya masih kecil, Adik-adik bapak saya bilang: “Ima nanti kalau udah gede, jangan pacaran sama orang Arab yah…jangan mau kalau nanti ditaksir orang Arab”

Saya yang masih lugu pun bingung dan bertanya: “memang kenapa sih orang Arab?”

***

Selama saya tinggal di Jakarta,
Saya belum pernah merasa dirugikan dengan penampakan Arab saya.
Dari pengalaman saya berkeliling Jakarta,
Warga Jakarta punya kebiasaan mengkaitkan “keturunan Arab dengan sejumlah kriteria positif”

Satu: Berupa 'baik'
Dua: Kaya
Tiga: Alim.
Empat: Adaa deeh… (rahasia..hehe)

***

Kriteria nomor satu malas saya bahas.

Ringkasnya,
Mayoritas Keturunan Arab memang memiliki ciri-ciri fisik seperti ini:
hidung mancung, bulu mata lentik, rambut ikal (atau Kribo :p), mata tajam, dan lain lain :P

Hingga mungkin,
Mereka yang memiliki darah keturunan Arab tidak perlu Operasi plastik pada bagian hidung,

Atau minta dipijit-pijit hidungnya oleh sang Maestro “HAJI JEJE”… (Hahahah…pakabar tuh dia?)

Praktek Haji JEJE: Melayani Pijit-pijit hidung hingga mancung! Haha (ada juga mampet kaliii…gue paling gak suka hidung gue dipencet orang!)


Mereka yang keturunan Arab pun mungkin tidak perlu ke salon untuk keriting bulu mata.
Karena kalau dikeriting lagi nanti jadi berdiri dong bulu mata kitaaah! He...

Mayoritas keturunan Arab juga tidak perlu lagi ke salon untuk dikeriting, dibikin wavy, di blow variasi, dikribo 80’s, dikribo disko, atau dikeriting gantung.. (asal jangan digantung aja :p) He...

Tapi justru, kami senang ke salon untuk di papan, ditipisin, di blow lurus, di bonding, di smoothing, atau di MICUO..haha.. (apa sih istilah salon terbaru..udah lama gak nyalon nih gua..:P)

Mayoritas keturunan Arab sepenglihatan saya punya mata yang tajam,
Tapi untuk yang satu itu, saya tidak punya. Mata saya kecil.

Kata orang: sayu.
Kata nenek saya: Cina!
Tapi itu berfungsi dengan baik :)
***

Itu soal rupa.

Nah, pengalaman saya berkata, warga Jakarta suka menganggap mereka yang memiliki darah keturunan Arab sebagai orang Kaya!

Untuk yang satu ini, saya punya segudang pengalaman,
Tapi Cuma satu yang paling berkesan :p

Waktu saya masih kelas satu SMP,
Guru saya, seorang aktivis Palang Merah Indonesia,
Pernah meminta kerelaan para murid untuk menyumbang korban bencana alam.
Guru saya pun mengelilingi kelas sambil membawa topi untuk menampung uang sumbangan para murid.

Dulu, SMP saya SMP Negeri.
Bukan SMP Swasta.
Tidak banyak orang kaya bersekolah di situ.
Saya pun disekolahkan di situ karena keluarga saya tidak mampu membiayai saya sekolah di sekolah swasta.

Kala itu, Mayoritas murid menyumbang antara 100 hingga 500 Rupiah.
Waktu itu, saya belum jajan seharian.
Di kantong saya masih ada 1000 Rupiah.
Saya pun menyumbang setengahnya, 500 Rupiah.

Tiba-tiba saja guru saya protes: “Masa Arab nyumbangnya Cuma 500?”

Saya pun heran: “yah Bu, kalau nyumbang 1000…nanti saya gabisa pulang dong!”

Guru saya pun berdalih: “Ah bisa aja…Mana mungkin Arab uangnya Cuma 1000…pulang aja naik taksi..nanti minta dibayarin di rumah!”

Saya pun akhirnya menyumbang 1000 Rupiah.

Dan..Hari itu pula, untuk pertama kalinya.
Saya pulang sekolah jalan kaki.

Bersama tiga orang teman yang mau diajak capek, saya pun Jalan kaki sekian kilometer dari pondok labu hingga Bona Indah.

Hahahaha.
Letih tapi Menyenangkan :)
Tidak terlupakan!

***

Itu satu contoh soal rupa arab dan dikira kaya.
Ada banyak contoh, tapi saya bisa menulis buku kalau soal pengalaman ‘dikira kaya’...

Waktu saya SMA, banyak teman tidak percaya kalau saya bilang saya sedang tidak punya uang.
Mereka bilang: “masa Arab gak punya duit!”

Pernah suatu ketika, saya melihat seorang teman yang kebingungan mencari celana baru buat latihan basket di sekolah.

Saya lantas berkata: “pakai celana pendek biasa aja kenapa…gue aja pakai celana pendek yang gue pakai minggu lalu!”

Dia bilang: “yee..malu-maluin lah! elo sih enak…biar pakai celana butut juga, mukalo muka orang kaya!”

Saya pun bingung karena saya merasa tidak butuh muka tipe tertentu untuk bermain basket.
Yang dibutuhkan adalah kaos, celana,sepatu, kaos kaki, mata, lalu tangan dan kaki untuk bergerak.

Tapi beberapa orang butuh celana /// ADIDAS untuk bermain basket.
Serta Kaos Kaki Converse untuk melengkapi

Padahal Celana /// ADINGDAS atau /// ADIMAS pun mungkin tidak lah menjadi masalah.

Kaos Kaki berlabel Conversation atau Convince pun sepertinya cukup MEYAKINKAN. Hahaha.

CONVINCE! bukan CONVERSE! <- bisa ditemukan di Cinere Mall, Pasar Blok M, ataupun Pasar Baru.He

Itu cerita dari lapangan basket,
Belum lagi cerita dari lapangan kaum sosialita.
Kaum yang memang benar kaya.
Selalu berusaha menunjukkan bahwa dirinya kaya.

Seringkali, Cuma mau bergaul sama mereka yang juga kaya.
Tapi, anehnya, sering salah gaul dengan mengira semua Arab itu kaya.
Sudahlah, nanti saya kebablasan mengolok-ngolok.
Mood saya lagi bagus nih. Hihihi
Tapi saya selalu suka para sosialita.
Mereka tahu cara berpenampilan yang baik dan mampu menghibur dengan baik di saat bersamaan.
Menghibur dengan tingkah polah mereka :P
Oh, Sosialita! Gawd! Jo! Megang!

GONG!!!!

***
Terakhir, Hampir semua orang yang saya kenal selalu berasumsi bahwa Arab itu Alim!
Sejak kecil, saya kurang suka pelajaran menghafal.
Karena saya malas membaca :P

Ketika kelas satu SD, setiap pelajaran agama Islam , Saya selalu disetrap berdiri di belakang sepanjang jam pelajaran.

Saat ‘dihukum’ itulah, para murid yang berdiri disuruh menghafal surat-surat dari Juz Amma. Setiap kelas akan berakhir, Guru agama akan memanggil kami yang berdiri untuk mengecek hafalan kami.

Ketika tiba giliran saya, pasti guru saya berkata: “gimana ini? Arab kok gak hafal surat Quran…Juz Amma doang gak hafal! Hampir setiap pelajaran saya malah berdiri di belakang! Arab kok kayak gini!”

Saya pun Cuma bisa mendengarkan.

Hingga ketika saya SMP, Sekolah saya berencana mendirikan organisasi kelompok Rohani Islam – ROHIS.

Seorang teman tiba-tiba menghampiri saya dan berkata: “mau ikutan gak? Nanti lo dijadiin pengurus deh…boleh pilih mau posisi apa”

Kebetulan saat itu, pengetahuan saya tentang Islam masih sangat dangkal,
Saya pun langsung menolak: “ah enggak ah…gue ga bisa baca Qur'an..malu ah gue..masa ikut Rohis tapi ga lancar baca Qur'an..gak ah..gak pantes..malu sama anak lain”

Sedang mencari anggota, teman saya itu pun membujuk: “loh gapapa…justru nanti belajar…. Tapi kok aneh banget sih lo..arab gabisa baca Quran…Arab Murtad Lo!”

***
Arab Murtad!
Entah sudah beberapa kali saya mendengar istilah itu setiap kali saya tidak paham suatu aspek tentang Islam.
Mungkin Buat banyak teman saya: Arab itu Harus Tahu Tentang Islam.
Sebuah Harapan yang baik :)
Hingga banyak warga Jakarta mengira orang Arab itu Islami :)

***

Setiap berpergian bersama teman, Saya senang mengajak teman mampir atau menginap di rumah.
Teman saya pun kebanyakan 'murahan' semua. He...
Mau-mau-an diajak sempit-sempitan nginep di kamar kakak/adik saya.

Saya tidak punya kamar di Rumah Jakarta, Tapi saya senang mengajak teman saya menginap untuk tidur di kamar kakak/adik saya.
Kalau membawa teman, saya jadi punya alasan untuk menguasai salah satu kamar. Hiahaha. Sekali-lah saya menjadi bos. Membuat adik/kakak saya tak berkutik…Hihihi.

Kata teman-teman yang pernah mengunjungi rumah saya: “Kalau ke rumah Ima tuh ga berasa kayak ke rumah orang Arab…beda aja atmosfernya sama rumah-rumah orang arab yg lain”

Entah apa maksudnya.
Tapi ketika Ibu saya pulang dari Haji, Ibu saya membawa banyak sekali pajangan dan lukisan.

Rumah saya pun menjadi penuh pajangan dari Mekkah.
Di Ruang tamu terpajang: Sebuah lukisan Masjidil Haram
Di dekat pintu pun digantung: Sebuah bingkai besar bertuliskan ayat Qursi.
Di Ruang makan ada lukisan bertuliskan kalimat-kalimat Allah.

Hingga suatu saat, Seorang teman saya bertamu dan berkata : “Rumah lo sekarang Arab Banget!”

Oh sepertinya saya mulai paham maksudnya!
Alhamdulillah :)

***
Saya pun heran ketika minggu lalu Dumas menanyakan stereotip yang ‘tidak bagus’ tentang keturunan arab.

Jujur, baru pertama saya merasa darah arab saya dikaitkan dengan sesuatu yang ‘tidak menyenangkan’

Pengalaman saya selama ini menunjukkan kencenderungan warga Jakarta untuk menilai keturunan arab itu: ‘berupa baik’, ‘kaya’, dan ‘alim’. He. Amiiin :)

Kalau soal tidak mau duduk dengan mereka yang tidak segolongan itu saya kurang paham.

Tapi pengalaman saya berkata, setiap kali saya pindah tempat duduk, itu pasti disebabkan oleh sebuah ketidaknyamanan.

Ketidaknyamanan karena SEMPIT!


Sempit yang terkadang tidak bisa saya tahan!

Seperti mayoritas perempuan keturunan arab lainnya, saya dianugerahi sesuatu yang BESAR :P

Jadi, Harap Maklum kalau saya tiba-tiba pindah tempat duduk :P


Assalamualaikum!!!! <- salam takzim anak-anak Jakarta, bukan hanya keturunan Arab :P

9 comments:

  1. Wow... Ini bacaan menyenangkan sekali. Gw sangat bisa relate. Pertama2 adalah stance gw. Gw ga pernah menganggap diri gw arab gw selalu menganggap diri gw orang jawa. Kalau ada orang yang menganggap hal lain, its their problem. Umumnya orang2 itu pasti ga gw anggap sebagai teman.

    Terlepas dari komentar Dumas, yang mungkin ada benar dan tidaknya. Sejujurnya gw sedikit kecewa dengan pengeneralisasian seperti itu. Sama dengan perasaan gw mendengar komentar Ruhut Sitompul beberapa bulan yang lalu. Tapi jika masyarakat menganggap itu sebagai kebenaran maka its the arab-indonesian community's job to make them think otherwise. Buat para keturunan arab mungkin bisa membaca http://id.wikipedia.org/wiki/Sumpah_Pemuda_Keturunan_Arab as a starting point.

    In any case, yang pengen gw komentarin adalah taking advantage or shunning someone for what they look like... Kita pernah diskusiin ini dan gw bilang ke elo kalau in this day and age buat gw lebih banyak kerugiannya :) random airport checks, facial hair yang tumbuh terus, radical islamism is often associated with arabs, Sehingga kadang harus bersikap apologetic walaupun sama sekali ga ada salah dan paling susah adalah living in 2 worlds.

    Walaupun dengan adanya sumpah pemuda arab mayoritas keturunan arab (untung bukan gw) di Indonesia memegang teguh tradisinya dan menjadi susah untuk membaur baik disini maupun di Indonesia. Apakah tradisi arab diakui di Indonesia? Apakah dalam buku suku2 nusantara terdapat arab? Knowing this keturunan arab tetap memegang tradisi2 nenek moyang mereka. Tapi apakah mereka tau gunanya apa? Gw rasa tidak. Gw mengerti perasaan loe waktu Dumas nanya habaib apa bukan. Emang susah jawabnya karena kita sendiri ga tau apa bedanya. Apakah orang tua kita pernah jelasin? ga pernah karena merekapun juga ga tau... cuma sekedar ikut2 dan denger dari sana sini. Apabila mereka menjelaskan dan kita bantah dengan kritis, mereka pasti akan menjawab tidak tahu.

    Menurut gw keturunan arab di Indonesia mengalamai krisis identitas. Sama dengan keturuan cina atau india generasi ketiga di Indonesia. Dan IMHO yang membedakan dan membuat sulit untuk keturunan arab di Indonesia untuk move-on adalah arab identik dengan islam. sehingga dengan segala benefit yang loe katakan.... apakah kita mau meninggalkannya? Jadi sebagai penutup... apakah adil jika rupa fisik kita menyerupai suatu bangsa kita dianggap sebagai bagian bangsa tersebut dan harus menanggung olokan dan menerima keuntungan yang didapat dari rupa fisik tersebut?

    ReplyDelete
  2. on a lighter note, merujuk ke poin terakhir.
    dianugerahi sesuatu yang besar itu BULE! BUjur LEbaar. ;)

    ReplyDelete
  3. ar, lo emang cocok jadi dosen..itu komen udah satu blog entry sndiri..malah akhirnya disuru mikir lagi..dikasi ptanyaan segala..jd dosen aar..

    nanduuuuuuut jadii selama ini lo kalau manggil gue bule itu maksuddnyaaa? uuuh dasaar! :P

    ReplyDelete
  4. Kenapa orang arab fudul bin kepo

    Salam knal dri arab inndramayu venus باجري

    ReplyDelete
  5. ƁǻĜ☺☺º°˚˚°º☺☺☺ȘȘȘ!!!(y) tuh blog
    Salam kenal dri arab indramyu

    ReplyDelete
  6. Kenapa orang arab fudul bin kepo

    Salam knal dri arab inndramayu venus باجري

    ReplyDelete
  7. ajaran keluarga besar sampeyan benar , intinya hidup untuk saling menghargai berusaha jngn pernah membeda2kan dimana diri ini tinggal , sama kayak ajaran keluargaku :)

    ReplyDelete
  8. ajaran keluarga besar sampeyan benar , intinya hidup untuk saling menghargai berusaha jngn pernah membeda2kan dimana diri ini tinggal , sama kayak ajaran keluargaku :)

    ReplyDelete
  9. Saya juga mau curhat ah, kadang saya merasa aneh dengan keluarga besar dari bapak saya yg hampir semuanya wajahnya arab banget, semua bibi paman saya wajahnya mirip arab.
    Setiap waktu kumpul2 lebaran bahkan mereka selalu saling bilang candaan satu sama lain "kok wajahmu mirip arab?" Dan hal yang paling kentara adalah saat melihat foto kakek saya yg arab banget.
    Kalo saya telusuri ke silsilah sampai buyut, di belakang nama mereka masih menggunakan nama Raden/Tubagus dan tidak dipakai lagi pada nama kakek. Namun setiap saya tanyakan apakah kita keturunan arab pada bapak, paman dan bibi mereka selalu menyangkalnya. Mereka bilang "kita punya hidung mancung kayak arab, kulit putih, dan mata bulat karena anugerah dari Alloh". Mereka lebih menyatakan identitas mereka sebagai orang sunda dan bukan arab. Hanya Alloh dan kakek buyut yang tahu apakah kami keturuna arab atau bukan.

    ReplyDelete