Friday, April 10, 2009

Mali

Photo by: Rifki Akbari/ Tesszar Teguh Setiawan




Ini Cerita Tram 19..Tram Favorit Saya Hehe..

8 November 2008
Kamis
Jam 12 Malam.
(kok agak seram ya latar ceritanya hahah...
tapi ini bukan cerita seram loh hihihihi)

Ngantuk.
Capek.
Lemes.
Abis Ngerjain Essay di Library
(sejak disini, ima ke perpus loh *bener gak BOong,bole tanya ama petugas perpus:p*)

Saya berjalan sambil meninggalkan perpus
sambil berpikir: gila..masih 2 paper lagi..masih banyak bgt yg masih harus gue baca...duh..

Jam 12.05 Malam
Saya masih Nunggu Tram

Jam 12.09.. Tramnya datang

Pas lagi naek Tram.
Saya disambut dengan senyuman orang Afrika dan seorang temannya yang bermuka mideast..(...kali ini maksudnya bukan saya loh yg mideast..hehe)

Pas lagi diri di Tram...
Tiba-tiba si mideast pindah dari sebelahnya orang Afrika
Orang Afrika pun mempersilakan saya duduk di sebelahnya

Merasa aneh dengan gelagat mereka...saya pura2 baca buku...*padahal otak udah pusing banget..udah pengen tidur*

Orang AFrika: "busy with exams?'

Saya (malas menjawab) : yea...

Orang Afrika: What are you studying? (sambil ngeliatin buku yg saya pegang)

Saya: oh...it's.. labor relations management in airline industry

Orang Afrika: ooh.. What subject?

Saya (malas jawab..lagi..capek)

Orang Afrika dan Temannya yg mideast liat-liatan..

Orang Afrika: I think you are a very ............. woman..

Saya (makin malas): thanks.... Kamu juga byu-ti-ful man....
*gak lah gua ga jawab gitu gila kali hehe*


Dua cewe bule di sebelah ngelirik sambil senyum2...

Orang Afrika: Where you from?

Saya (gila ni orang nanya melulu..gak liat apa gue lagi baca buku...persis kayak mas-mas rese di metro mini...)

saya diem aja.lemas sekali soalnya..

Orang Afrika (nanya lagi): Where you come from?

Saya: INDONESIA!

Orang Afrika: Ooooh Indonesia.....sure, sure...Indonesia...
Since you walked in, i know you are from Indonesia..
but im not sure .. you look either from Malaysia or Indonesia..

Saya (apa kata lo dah....diem aja kek...galiat apa gue lagi baca buku..)
tapi di satu sisi gue seneng juga si...akhirnya rupa gue diakui merepresentasikan
Indonesia...senangnya :)


Si Mideast dan dua cewe bule di sebelah senyum2 aja..
Si Afrika lirik2an terus ma si mideast..


Orang Afrika: Are you? bachelor...or master..?

Saya (cape deeh) : im doing master... (udaah yaaa dieeem pleasee)

Orang Afrika: ooh, you get scholarship?

Saya: iyaaaaaa.. ..paaaaaak....udaaah yaa

Orang Afrika : which one? which uni?

Saya: melbourne uni

Orang Afrika: Oh, that's the good one..

Saya: Iya kali....

Orang Afrika: So, what subject are you studying?

Saya (nyerah....): Public Relations and Corporate Power

Orang Afrika: what's that?

Saya: hmmmpfh... (pasang muka capek ngejawab...sambil ngelirik buku...maksudnya mau bilang: Pak saya tuh lagi blajar...jangan ngomong mulu yaahh!)

Orang Afrika (ngomong ke temennya yg org mideast): Hey Man, what's Public Relations and Corporate Power?

Orang Mideast cuma senyam-senyum..
Dua Cewe Bule di sebelah juga senyum senyum..

(hmm...di satu sisi gue pegel sama ni orang Afrika..di sisi lain gue seneng juga nemu bule yg gak tlalu cuek..aware ma sekitar, kayaknya ramah ni bule bule nya, kalau aja gue lagi gak capek...gw ajak ngobrol tu bule..)

Si Afrika Kembali Mengeluarkan suara.

Orang Afrika: what does corporate mean? what are you studying?? What is PR and Corporate Power?

hmmmm....ni mas-mas sebenernya bikin gue capek...tapi ni orang kayaknya lagi pengen melatih bahasa inggrisnya...yah bagus juga si buat gue..biar gue jg bisa practice..
gue ngeliat ekspresinya sangat bersemangat...

Saya: PR itu yang menjembatani Company sama Public..

Orang Afrika: OOhhh kayak pelajaran ekonomi yaah?

Saya: yaa..ekonomi dan sosial lah...

Orang Afrika: ooooo.... (senyam-senyum...ngangguk2
..)

Orang Afrika: how long have u been here?

Saya: 3 bulan

Orang Afrika: Oh...baru yah....sama dong kayak saya.. tapi..saya disini cuma ngunjungin teman aja

Saya (dalam hati: EGP!)

Orang Afrika: Where do you live?

Saya: Coburg

Orang Afrika: oooh...dekaat...saya di Brunswick..saya tinggal di rumah teman saya

Saya( Gila yaa ni oraang....ngomoong mulu....percuma deh gw pura2 baca buku...tapi gw salut juga ngeliat dia begitu excited pengen ngomong bahasa inggris...dan selalu tersenyum...meski gw jawab sekenanya...dan ga bener2 natap mukanya..).

Akhirnya gue nyerah pura2 baca buku...pura2 stabilo-in

Gue nengok ke si Afrika yg sedang tersenyum...*persis kayak ekspresi orang Afrika di videoklip BOyzone atau Michael Jackson..Lah? hehe*

Gue ngeliat ni Orang Rapih bener bajunya, pake celana bahan, kemeja, vest..(gue tersenyum liat corak vestnya...ada gambar kartunnya hihihi)

Si Afrika masih pasang senyum pepsodent

Saya (senyum juga akhirnya hehe): where r you from?

Orang Afrika: Mali

Saya: Oh, Mali

Orang Afrika (TIBA2 SEMANGAT GILA): YOU KNOW MALI?? SERIOUSLY?

Saya (bingung): ya , saya tau

Orang Afrika: Oh My God, Kamu orang pertama di Melbourne yang saya temui, yang tahu MALI!!!..disini saya gak pernah ketemu orang yg tahu MALI...Saya happy..Kamu pasti pintar sekali...

Saya: he?
(ah bokis banget lo...Nenek gue juga tau Mali...temen2 gua juga tau Mali...mba ikem gue di rumah paling jg tau mali..masa si ada orang yg gatau Mali..)

Orang Afrika ngomong sendiri kesenengan...

Orang Afrika: How Do You Know Mali?

Saya: Ya...saya tau aja..

Hmm...gue gatau gimana gue bisa tau Mali..di sekolah gue ga pernah belajar tentang Mali..tapi yah gue tau Mali Pokoknya...

Tiba-tiba ni Afrika terus nyerocos...kalau dia senang banget ada orang yg tahu Mali..karena dia sedih selama ini ketemu orang di Melb...gak ada yg tahu MALI (menurut dia loh)

Saya (dalam hati) "masa iya sih?"

Tiba Tiba 2 cewe bule di sebelah nyodorin kertas ke Si Afrika.

Bule-Bule: "Kita termasuk orang2 yang gak tahu Mali loh...kamu bisa tunjukkin gak sama kita dimana? Kita tahunya Zimbabwe doang..

Bule-bule ini ngasi kertas yg ternyata udah ada peta afrika nya...


Saya (takjub dalam hati): Hah? beneran ada orang yg gatau mali...


Si Afrika: oh sure... (dia semangat banget...langsung minjem spidol gue..dan menggambar MALI itu dimana hahaha)...

Dua cw bule cekiikikan antara malu karena termasuk orang yg gatau Mali...

Gue juga cekikikan krn ternyata ni Afrika gak Boong..

Si mideast cekikikan ngeliat tingkah temannya..

Sementara si Afrika semangat sekali, menggambar pake spidol..
sambil ngejelasin tentang MALI, sebuah negara berbentuk Republik yg terletak..di Afrika Barat

Hahaha..

hmm...senang melihat..
Si Afrika tampak bahagia.

Seneng juga ngeliat si Bule-bule..
semangat jadi pengen tahu Mali dimana...hehe

ANEH..
ternyata pengetahuan sederhana,
bisa membuat orang senang...

Kalau pengetahuan sederhana aja bisa buat orang senang,
apalagi pengetahuan mendalam..
sekarang gue baru ngerti apa gunanya belajar..

****

Si Afrika tiba2 harus turun..
dia tersenyum sambil mengembalikan spidol gue...yang dipakai buat menggambar Peta MALI heheh

Si Afrika: Thank You...it's very nice to meet you...

Saya: Iya pak Mali...saya juga senang ketemu anda...

Saya dan Bule-Bule: See You...take care...

Kita Pun tertawa bersama-sama...hihihi


Ah seandainya saja...suasana tram selalu seseru ini setiap harinya :

1 comment:

  1. Anonymous8:56 PM

    khehehe... membayangkan diawal percakapan kalian, membuat saya menunggu, sesuatu mungkin kata "TOLONG JANGAN GANGGU SAYA" khehehe tapi ternyata gak muncul.. hummmpphh
    jam berapa anda turun dari tramp? sepertinya itu perlu diperjelas khehehe

    ReplyDelete